Mengapa ada KONFLIK?

Sesungguhnya sudah jelas sekali apa itu konflik, bahkan bisa dicari pengertian tersebut di internet.

Contoh kecilnya:

Seorang anak kecil sedang duduk, kemudian datanglah seekor nyamuk. Nyamuk tersebut mendarat di tangan anak itu dan memulai untuk menghisap darah segar dari anak tersebut. Anak itu kemudian sadar dan segera menyingkirkan nyamuk.

Pada kasus ini, mungkin belum terlihat suatu konflik yang terjadi, karena ceritanya berakhir sampai di situ. Jika mendadak nyamuk tersebut kembali lagi dan mengigit anak tersebut, maka anak itu akan berusaha untuk menyingkirkan nyamuk lagi. Jika sudah disingkirkan dan ternyata malah datang menghampiri anak itu lagi, berarti anak itu bisa mulai munculkan kekesalan dan kemarahan. Anak tersebut akan mencari cara untuk melenyapkan nyamuk itu.

Keadaan ini mungkin sudah dapat disebut sebagai suatu konflik, karena ada pihak yang sudah merasakan pihak lain yang menganggu dirinya. kemudian tertanamnya kekesalan, kemarahan, kebencian akibat dari gangguan dari luar. Lama kelamaan akan menjadi kekacauan.

Mengapa konflik itu ada? karena ada pihak yang sudah melakukan sesuatu yang dirasakan sangat dirugikan dan terganggu akibat suatu tindakan dan ucapan orang lain, akibatnya timbul perasaan untuk menghancurkan, menyingkirkan, melawan  orang yang sudah menganggu ketentraman diri pihak tersebut.

 

Konflik akan selalu ada di mana pun, karena manusia tidak bisa lepas dari kebutuhan, tuntutan, tanggungjawab, keserakahan, kebencian, dan segala hal lain yang bisa merusak suasana pribadi orang lain.

Posted in Pengertian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: