WRATH, si “KEMARAHAN”

WRATH jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti MARAH , juga bisa dianggap KEMARAHAN. Wrath dan Anger itu sama, berarti perasaan yang dialami seseorang, marah. Kalau mengacu pada pengertian umum marah, artinya adalah suatu perasaan energi negatif / emosi yang timbul dari seseorang akibat dari pengaruh-pengaruh dari luar, yaitu sesuatu yang membuar diri orang tersebut tidak senang. Orang yang sedang marah biasa akan bergejolak dan akan sangat agresif akibat dari dirinya yang merasa terancam / terganggu , dan juga karena ada gangguan dari luar yang ingin menghalangi tujuan yang mau dicapai. Cenderungnya orang yang sedang marah maka mukanya akan memerah akbiat dari darahnya naik hingga kepala, biasa disebut “Darahnya mendidih” karena kepala orang yang sedang marah itu memiliki suhu yang lebih tinggi daripada keadaan normal / biasanya.

Mengapa bisa timbul kemarahan pada seseorang?

Sebagai contohnya: Jika kita sedang membuat suatu kerajinan tangan yang sangat sulit, yaitu ukiran pada batu. Untuk menyelesaikannya, kita memerlukan waktu dan kesabaran yang tinggi karena butuh ketelitian dan konsentrasi. Saat kita selesai membuat ukiran sesuai harapan kita, tentu kita akan merasa senang dan puas. Namun… apa yang terjadi jika tiba-tiba seseorang menghancurkan kerajinan ukiran kita? Tentunya perasaan puas kita lenyap, perasaan senang juga sirna, karena apa yang kita capai itu sudah hancur berkeping-keping. Sumber kebahagiaan kita lenyap, saat itu timbulah perasaaan tidak senang, benci, kecewa yang membuat kita mau melenyapkan atau melawan sumber penyebab tersebut. Akibatnya ialah kita berkelahi dengan orang tersebut.

KEMARAHAN / WRATH yang berlebihan akan menimbulkan perasaan BENCI dan DENDAM. Biasanya perasaan itu tidak akan pernah hilang jika tidak dilampiaskan pada suatu objek tertentu, misalnya membanting meja, melempar kursi, merobek buku, dll. Perasaan marah tersebut merubah sikap dan psikologi orang tersebut secara drastis. Orang yang awalnya sedang bahagia, bisa saja tiba-tiba marah besar karena ada sumber yang memicu timbulnya kemarahan tersebut. Suatu perubahan yang sungguh jauh terjadi karena akibat satu perasaan ini, WRATH.

Sesungguhnya WRATH merupakan salah 1 dari EGO yang terpendam dalam diri kita. Sudah dijelaskan pada post sebelumnya yaitu Pengertian EGO , bahwa untuk melenyapkan EGO itu tidaklah mudah. EGO masih akan bersemayam pada diri kita jika diri kita masih pernah merasakan kemarahan diri dan meluapkannya.

KEMARAHAN /WRATH saja susah dikontrol dan dilenyapkan, apalagi EGO.

Posted in Pengertian
2 comments on “WRATH, si “KEMARAHAN”
  1. Ms. Anonymous says:

    Min, hbs baca post ini, muncul satu prtanyaan, apakah segitu sulit melenyapkan kemarahan apalagi ego? Apakah tidak ada cara buat lenyapin itu? Kalau ada, bisa berbagi? Soalnya habis baca post ini, sy jd makin bingung akan kmarahan dan sprtinya mendukung kemarahan dan ego sy sndiri, sy tidak menemukan jalan keluaršŸ˜¦

  2. redzskyezz says:

    Mudah atau susah, itu ada pada kita sendiri
    Apakah kita mau mempertahankan ego diri kita? ataukah merelakan (let it go).
    Apakah masalah yang menimpamu itu benar2 mempengaruhi kehidupanmu saat ini?

    Kalau seandainya marah kita itu karena “Rasa Sakit” , contohnya karena ditabrak orang then jatuh berdarah. Tentu diri kita merasa sakit dan marah pada orang tersebut. Tapi rasa sakit ini sudah sembuh? apakah kita masih marah? mungkin saja marahnya itu sekedar kesal karena orang tersebut membuat kita terluka.

    Kemarahan kita timbul karena ada suatu kondisi dari luar yang mengenai kita.

    Kemarahan timbul karena kita memiliki ke-ego-an, orang yang sangat ikhlas, rela dan sabar biasa merupakan orang yang jarang marah.

    Kalau untuk melenyapkan ego, cobalah belajar bermeditasi untuk pelatihan pikiran kita. Paling penting dalam memulai belajar meditasi ialah carilah tempat nyaman dan pada konsidi yang tidak sibuk (tidak ada kerjaan atau urusan).

    Silakan coba, sorry yo balasnya lama karena Min sibuk buanget sih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: